14 Jenis Milling Cutter dan Fungsinya

Milling Cutter dan Fungsinya – Milling cutter adalah alat yang digunakan pada mesin milling untuk melakukan berbagai operasi permesinan seperti membuat slot, shouldering, profil, ramping dan plunging. Berbagai jenis tool ini dirancang untuk memenuhi persyaratan khusus berdasarkan material yang digunakan, jenis operasi, dan bentuk atau profil yang akan dibuat.

Perbedaan Jenis Milling Cutter

Dalam pemilihan cutting tool ini, perlu diperhatikan faktor-faktor seperti material yang akan dikerjakan, jenis operasi yang akan dilakukan, profil yang diinginkan, dan strategi permesinan secara keseluruhan agar hasil pengerjaan sesuai dengan yang diinginkan.

Square End Mills & Slot Drills

Square End Mill & Slot Drill

  • End Mill dengan Sudut Persegi/Tajam

Serbaguna, tipe end mill ini dapat digunakan untuk roughing dan finishing. Biasanya, end mill dengan 4 flute atau lebih dapat membuat dasar slot, kantong, dan permukaan menjadi berbentuk persegi. Karena sudutnya yang tajam, end mill ini dapat meninggalkan bekas atau uliran kecil di sudut-sudut hasil pengerjaan.

  • Slot Drill dengan Sudut Persegi/Tajam

Tipe end mill ini sangat berguna ketika digunakan untuk mengerjakan slot dengan ujung yang tertutup karena kemampuannya untuk mengebor langsung berkat adanya gigi pemotong di tengah. Slot drill biasanya digunakan untuk membuat slot kunci, alur, dan penggunaan serupa lainnya.

Ball Nose End Mill

Ball Nose Milling Cutter

Ball Nose end mill merupakan alat milling dengan mata potong berbentuk bola, yang umumnya digunakan untuk menciptakan permukaan bergelombang, bentuk 3D, dan fitur pahatan pada benda kerja. Mata bor berbentuk bola memungkinkan pemotongan material dengan cara yang halus dan konsisten, terutama ketika digunakan pada permukaan yang bergelombang atau tidak beraturan.

Corner Radius End Mill

Corner Radius

Corner radius end mill adalah jenis alat potong yang memiliki ujung yang membulat di bagian sudutnya, membentuk radius tertentu. Berbeda dengan End Mill Persegi dan Ball Nose, end ill radius memiliki radius pada sudutnya, menjadikannya lebih kuat dan tahan pecah.

Corner Rounding End Mill

Corner Rounding

Corner Rounding, seperti Namanya, digunakan untuk membulatkan sudut pada benda kerja. menggunakan cutting tool corner rounding, faktor-faktor seperti ukuran radius yang diinginkan, material benda kerja, kondisi pemotongan, dan kemampuan mesin harus dipertimbangkan untuk mencapai hasil pembulatan sudut yang diinginkan secara efisien dan akurat.

Chamfer End Mill

Chamfer Mill

Chamfer Mill Milling Cutter adalah alat milling yang khusus dirancang untuk membuat tepi benda kerja berbentuk talang/miring. Alat milling ini sering digunakan pada aplikasi yang membutuhkan beveling, seperti untuk persiapan tepi pengelasan dan menambah estetika pada sisi benda kerja.

Lihat Katalog Produk Cutting Tools:
Cutting Tools Products

Dovetail Cutter

Dovetail

Dovetail cutter adalah jenis alat milling khusus yang dirancang untuk membuat slot atau alur berbentuk pas. Alat ini dinamai sesuai dengan sambungan pas, yang dikenal karena bentuknya yang mirip seperti baji yang saling mengunci.

T-slot Cutter

T-Slot/Woodruff

T-Slot cutter, yang juga dikenal sebagai Woodruff, adalah jenis cutting tools yang digunakan untuk membuat slot atau alur berbentuk T pada benda kerja. Alat ini dinamakan sesuai dengan penemunya, William Woodruff. Desain slot-T ini dapat digunakan untuk memasang mur-T atau pengencang lainnya.

Ripper or Roughing End Mill

Rippers/Roughers

Ripper/Roughing adalah jenis tool milling yang dirancang khusus untuk memotong material dalam jumlah besar dengan cepat. Biasanya digunakan pada awal operasi pemesinan dan untuk proses pengerjaan yang berat.

Long Neck End Mill

Reduced Neck/Long Neck/Rib Processing

  • Reduced Neck Milling Cutter

Reduced Neck adalah alat potong milling khusus yang memiliki diameter lebih kecil daripada alat milling standar. Alat ini memiliki desain flute yang lebih pendek atau diameter shank yang lebih ramping, memungkinkan peningkatan stabilitas, jangkauan, dan kinerja dalam pengaplikasian tertentu.

  • Long Neck Milling Cutter

Long Neck adalah alat milling khusus dengan desain flute yang diperpanjang. Milling cutter ini memiliki jangkauan yang lebih dalam dan akses ke area yang sulit dijangkau daripada alat milling standar

  • Rib Processing Milling Cutter

Rib Processing cutter adalah alat milling yang dirancang khusus untuk melakukan proses pembentukan atau pemrosesan rib (tulang rusuk) pada suatu benda kerja.

Taper Neck

Taper Neck Milling Cutter

Taper Neck, yang juga dikenal sebagai Taper Shank atau Conical Neck. Cutting tools ini memiliki bentuk shank atau leher yang mengerucut. Taper neck milling cutter biasanya digunakan dalam berbagai operasi pemesinan, termasuk pembuatan profil, slotting, dan kontur.

Side or Face Milling Cutter

Side/Face Milling Cutter

Side and Face Mill adalah jenis alat pemotong yang dirancang untuk melakukan operasi pemotongan pada sisi dan wajah dari benda kerja. Alat ini umumnya digunakan dalam proses milling  untuk menghasilkan permukaan yang rata dan presisi pada benda kerja.

PT Indotech Trimitra Abadi Distributor HSS dan Carbide Tools

PT Indotech Trimitra Abadi sebagai perusahan yang bergerak di bidang perdagangan Cutting Tools merupakan salah satu pemegang lisensi distributor resmi Cuting Tools. Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi dan support produk sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Cek e-katalog Produk kami

Facebook
Twitter
WhatsApp

Popular Post

Popular Product

PROMO PRODUCT