10 Tips Menjadi Engineer Sukses

engineer adalah

Engineer adalah istilah yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia disebut dengan Insinyur atau rekayasawan. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, istilah insinyur atau engineer adalah digunakan sebagai gelar akademik (bahasa Belanda: ingenieur), yaitu seorang sarjana di bidang keteknikan yang lulus dari perguruan tinggi. Namun, gelar ini ini juga tidak tertutup digunakan oleh lulusan perguruan tinggi pada bidang pertanian, kehutanan, perikanan, bahkan kadang digunakan oleh bidang sains terapan, dan lain-lain.
Mengutip dari ITB Career Center, ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai. Kemampuan yang harus dimiliki seorang engineer adalah hardskill dan softskill.

Hard Skill

Hardskill yang harus dimiliki seorang engineer adalah kemampuan yang berhubungan dengan bidangnya. Selain itu, seorang engineer juga harus memiliki pemahaman yang kuat akan standar industri, dan kemampuan komputer. 

Soft Skill

Problem Solving.
Bagian terbesar pekerjaan seorang engineer adalah memecahkan permasalahan menggunakan mesin atau peralatan yang mereka miliki. Kemampuan analisis seorang engineer harus baik untuk menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ditemui. Pemecahan masalah tersebut dilakukan dengan pemikirian analisis, analisis melalui riset, tes prototype, dan lainnya.

Kreatif.
Salah satu pekerjaan engineer melibatkan pengembangan dan perencanaan produk, mulai dari batre, generator listik, hingga perangkat medis. Untuk menciptakan produk, dibutuhkan kreatifitas.

Komunikasi.
Saat mengerjakan projek dengan klien, seorang engineer harus menjelaskan produk yang cukup rumit kepada klien. Apalagi, biasanya klien bukan merupakan orang teknik yang paham dengan istilah rumit tersebut. Maka sebagai seorang engineer, kemampuan komunikasi sangat peting, untuk menyampaikan hal rumit tersebut kepada klien agar mudah dipahami. Engineer pun harus dapat menjelaskan ide mereka dengan jelas dan efektif.

Teamwork.
Engineering melibatkan banyak kerja tim, mereka sering bekerja dalam kelompok untuk mengembangkan produk dan pemecahan masalah. Mereka pun terkadang bekerja dengan bidang lainnya, maka harus dapat bekerjasama dengan baik. Sikap toleransi dan menurunkan ego dalam kerjasama tim sangat penting, hal ini yang seharusnya dimiliki oleh engineer.

Ada banyak bidang yang dapat Anda ambil untuk menjadi seorang Engineer yang sukses dan ada banyak bidang yang harus diselesaikan.

Apa pun jalan yang Anda ambil, bagaimanapun, 10 tips berikut akan membantu Anda membangun karier yang sukses.

10 tips menjadi engineer yang sukses

1. Tentukan tujuan Menjadi Engineer

Proyek yang berhasil tidak terjadi secara kebetulan begitu pula karier teknik yang sukses juga tidak terjadi secara kebetulan. Oleh karena itu, tentukan di mana Anda ingin menjadi Engineer dalam jangka menengah dan panjang. Anda tidak membuat komitmen yang tidak dapat dilanggar saat Anda melakukan ini, tetapi itu akan membantu Anda tetap fokus dan bergerak maju. Selain itu, periksa kemajuan Anda secara berkala untuk mencapai tujuan Anda.

2. Komitmen pada Pengembangan Profesional Berkelanjutan

Untuk mengikuti perkembangan zaman yang berubah dengan cepat maka anda harus meningkatkan kualitas anda untuk menghadapi , Anda harus terlibat dalam pengembangan profesional berkelanjutan. Dengan kata lain, Anda harus memperoleh keterampilan baru dengan antusias sambil terus mencari peluang pengembangan profesional baru.

3. Bekerja untuk Meningkatkan Softskill

dalam mencapai kesuksesan, softskill merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Banyak Engineer memfokuskan upaya pengembangan profesional mereka dalam meningkatkan keterampilan teknis mereka. Namum, kalian harus tauxpentingnya soft skill, seperti komunikasi, kerja tim, dan keterampilan presentasi. Anda juga harus meluangkan waktu untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan penting seperti ini.

4. Pahami Bisnis

Orang lain yang membuat keputusan pada proyek yang Anda kerjakan, kemungkinan besar, melakukannya dari perspektif bisnis. Akibatnya, mereka lebih tertarik pada keuntungan atas investasi dengan pendekatan inovatif yang Anda ambil untuk memecahkan masalah mereka. Anda tidak harus menjadi orang bisnis, tentu saja, tetapi itu membantu jika Anda memahami apa yang membuat para pengambil keputusan.

5. Lakukan Perubahan

Kemajuan pesat dalam teknologi dan pemikiran tidak berarti apa-apa dalam bidang teknik, terutama jika Anda terlibat dalam rekayasa perangkat lunak (software), otomatisasi, dan bidang serupa. Anda harus bersikap fleksibel dalam perkembangan yang cepat ini dan sehingga anda tidak pernah terjebak dalam sikap “begitulah cara kami selalu melakukannya”. Sebaliknya, selalu fleksibel sehingga Anda siap untuk selalu ditempatkan diposisi manapun itu.

6. Optimis

Teknik sering tentang pemecahan masalah, jadi penting untuk memiliki sikap yang dapat melakukan, optimis. Tentu saja, Anda harus realistis juga, tetapi tetap optimis ketika menghadapi tantangan akan membawa Anda jauh.

7. Kerja Keras

Tidak ada orang yang sukses tanpa bekerja kerja keras. Ini berlaku untuk setiap industri dan profesi, termasuk bidang teknik. Seperti yang disampaikan Thomas Edison, penemu hebat. Dia berkata: “Genius adalah satu persen inspirasi dan 99 persen keringat.”

8. Model Peran dan Mentor

Anda dapat belajar banyak dari mentor untuk membantu Anda mengembangkan karir Anda lebih jauh. Anda juga dapat mencari inspirasi dari model peran di luar perusahaan Anda, termasuk para pemimpin industri. Ketika melakukan ini, jangan hanya melihat karya besar yang mereka lakukan, tetapi juga bagaimana mereka menjadi sukses.

8. Fleksibel

Bidang Teknik adalah bidang yang sangat luas dengan banyak peluang. Anda harus tetap berpikiran terbuka, karena itu, tentang kemana karir Anda akan membawa Anda. Bahkan, Anda bisa melakukan peran pekerjaan dalam 10 tahun yang bahkan tidak ada saat ini. Juga, industri yang mungkin tidak pernah Anda pertimbangkan dapat memberi Anda peluang yang signifikan. Poin di atas mengatakan Anda harus menentukan tujuan Anda, akan tetapi Anda harus tetap fleksibel dalam implementasinya.

10 Fokus Pada Jangka Panjang

Anda bisa menjadi engineer yang baik dalam waktu yang relatif singkat, tetapi keberhasilan nyata (yaitu mencapai tujuan yang Anda identifikasi pada poin sebelumnya di atas) membutuhkan waktu. Anda harus melihatnya sebagai maraton, bukan lari cepat.

Apapun tahapan yang Anda tempuh dalam pekerjaan dankarir Anda, 10 tips di atas akan membantu Anda lebih dekat dengan kesuksesan yang ingin Anda capai.

Facebook
Twitter
WhatsApp

Popular Post

Popular Product

twinhorn cnc 2

Check Our
E-Catalog Product

Check Our Product

Vernier Calipers 150mm 0.05 – Holex

Vernier Caliper digunakan untuk mengukur ketebalan atau diameter luar dan dalam. Alat ukur standar industri dengan akurasi/resolusi tinggi dan kemudahan penggunaan. Vernier Caliper tersedia Merk: Holex Type: Vernier Size: 150mm Version: Satin chromium plated anti-glare reading parts. Locking screw at the top..

Mesin CNC Milling 3 Axis VF 700 – Twinhorn

Mesin CNC Milling 3 axis VF 700 Twinhorn. Disributor dan Supplier Mesin CNC Milling 3 Axis VF 700 Merk Twinhorn - Taiwan di Indonesia. Mesin Milling CNC VF 700 merupakan mesin Milling merk Twinhorn dengan sistem kontrol otomatis (Numerical Control). Spesifikasi: Axis: 3Axis Table Size: 850 x 400mm Machine Dimension: 2100 x 2400 x 2370mm

HSS Countersink / Chamfering – YG 1

YG1 merupakan salah satu produk Cutting Tools dari Korea. Dipakai oleh banyak perusahaan manufaktur di seluruh dunia. HSS Countersink yang berfungsi sebagai alat potong Chamfering Lubang pada proses permesinan. Pemilihan Jenis Countersink didasarkan pada Mesin yang digunakan, Material yang dikerjakan serta metode pengerjaan. Pemilihan Cutting Tools yang tepat dapat menaikan efisiensi pengerjaan dan menurunkan cost produksi. YG 1 Reamers dapat digunakan untuk Manual/ Hand Reamers, Mesin konvensional dan CNC. Spesification: Material: HSS Cobalt Hand Countersink, Chucking Countersink Shank: Straight, Tapper Size Range: 60 Degree, 90 Degree General Purpose Plastic, Medium-Carbon Steel, Ductile Cast Iron, Brass, Cast Iron, Bronze, Aluminium

Vertical / Horizontal Rotary Table – Vertex

Rotary Table Vertical/Horizontal Vertex untuk Mesin Milling. Vertex Rotary Table Aksesoris Untuk Mesin Milling CNC dan Manual. Aksesoris Mesin Milling digunakan untuk Clamp/mencekam Benda Kerja. Sebagai Jig untuk mempercepat pekerjaan dengan metode yang telah ditentukan. Spesifikasi: Merk: Vertex Tipe: Vertical/Horizontal Tilting Multiple Tilting Universal Tilting Heavy Duty

HSS Spiral Tap EX-H-SFT Untuk Tap Mesin – OSG

HSS Spiral Tap - OSG Tap Mesin ini digunakan untuk proses pembuatan ulir di mesin Bubut/Milling Manual/CNC, Mesin TAP untuk material besi/steel dan Cast Iron. Spesification: Material: HSS Type: Spiral Tap Merk: OSG Range: Metric M4 s/d M12

Precision Parallels Block – Vertex

Precision Parallels Block - Vertex Spesifikasi: Merk: Vertex Kategori Precision Parallels Block: Ground Type, Thin Type Tipe: VP 100 VP118A VP-018 VP-033 etc

Insert WNMG / Carbide Insert Bubut WNMG – Mitsubishi

MITSUBISHI INSERT merupakan salah satu produk Cutting Tools dari Jepang. WNMG Insert Mitsubishi Telah dipakai oleh banyak perusahaan manufaktur di seluruh dunia. Salah satu produknya Pahat Bubut Insert External dan Internal yang berfungsi sebagai alat potong pada proses permesinan. Specification: Material: Solid Carbide Type: WNMG Negative Turning Insert (Pahat Bubut) Medium-Carbon Steel, Ductile Cast Iron, Brass, Cast Iron, Bronze, Aluminium

Z-Zero Setter Mesin Milling – Vertex

Z-Zero Setter Mesin Milling Berfungsi sebagai Presetter. Membantu dan mempercepat setting tool pada mesin dengan penggunaan yang mudah. Spesifikasi: Merk: Vertex Height: 50mm Tipe: HP-50A HP 50A HP 50B