5 Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Bengkel CNC Anda

mengembangkan bisnis cnc

5 Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Bengkel CNC Anda. Memulai bisnis baru bisa menjadi sesuatu yang menantang, terutama bagi anda yang memasuki pasar yang ramai dengan pesaing besar yang sudah mapan. Saat industri manufaktur mengalami pergeseran dalam cara mereka beroperasi, bagaimana bisnis permesinan CNC bertahan dan tumbuh dalam industri meskipun ada banyak tantangan.

Berikut ini beberapa tips dan saran bagi workshop mesin CNC kecil  untuk terus mengembangkan usahanya. Memulai dan Mengembangkan Bisnis Bengkel CNC.

1. Perluas Koneksi

Bagi banyak pemilik workshop yang baru memulai bisnisnya, Awal bisnis bisa menjadi waktu yang tidak pasti di mana banyak persoalan seperti ijin usaha, daftar klien, performa mesin (jika anda membeli mesin bekas) atau bahkan denah lantai, belum terselesaikan. Dalam situasi ini, persahabatan dan koneksi bisnis yang anda miliki dapat menjadi aset yang berharga. Menghubungi supplier yang memang tahu betul terhadap kebutuhan usaha anda juga menjadi salah satu cara yang baik untuk membantu kelancaran usaha anda.

Membantu set up dan instalasi, mengarahkan klien ke arah anda (marketing dadakan), menjalin kemitraan, atau sekadar memberikan saran menjalankan usaha. Mengandalkan teman/koneksi saat ini dapat memberi anda peningkatan yang berguna. Banyak juga yang membangun jaringan melalui acara industri dan webinar dan media sosial.

2. Targetkan Segmen Pasar

Biasanya di awal memulai sebuah bisnis terutama di bidang manufaktur/workshop, cara yang baik adalah berfokus pada segmen tertentu. Misalnya, jika workshop anda mengkhususkan diri dalam memproduksi mold berukuran medium, cobalah  menjalin hubungan dengan perusahaan yang menggunakan produk tersebut dengan harga yang sesuai dengan siklus produksi anda.


Menargetkan segmen pasar anda akan membantu anda memanfaatkan spesialisasi anda dengan sebaik-baiknya. Contoh bagus dari perusahaan yang menargetkan segmen pasar adalah PT Patmanunggal Reka Abadi. Pada awal berdiri, mereka fokus pada pembuatan mesin roaster kopi artisan dengan kapasitas kecil hingga menengah dengan target pasar industri kecil dan menengan serta pengepul dan petani kopi sehingga mereka dapat meningkatkan nilai jual kopi mereka. Ini terbukti menjadi model yang sangat baik meskipun mungkin tampak seperti memiliki market yang terbatas. Metode pemasaran lain adalah memanfaatkan teknologi yang muncul seperti internet, video, dan jejaring sosial yang dapat membantu meningkatkan visibilitas toko Anda secara online dan menjangkau lebih banyak pembeli.

3. Jangan Terburu-Buru Untuk Ekspansi

Membeli mesin atau peralatan penunjang yang belum hemat biaya atau memperbesar fasilitas tanpa staf dapat memperlambat pertumbuhan bisnis dan sebenarnya menghambat ekspansi jangka panjang. Dalam banyak kasus, mungkin lebih baik untuk berkonsentrasi pada perolehan keuntungan yang stabil daripada lompatan besar ke depan, karena bahkan workshop kecil dengan mesin atau karyawan yang kurang dari satu lusin masih dapat memenuhi atau melampaui rata-rata produktivitas. Penting juga untuk menkomunikasikan rencana pertumbuhan anda bahkan hal yang kecil kepada seluruh tim anda.

4. Tetap Terbuka dengan Teknologi Terbaru

Meskipun inovasi/upgrade peralatan baru bisa lebih mahal dan membutuhkan waktu dalam hal pelatihan dan pengaturan awal, peralatan yang baru dikembangkan mungkin memiliki efek jangka panjang yang positif dengan menyederhanakan metode produksi atau menyediakan sarana untuk menyelesaikan tugas yang pernah dianggap tidak praktis dan efisien. Teknologi baru terkadang dapat membantu bisnis tetap kompetitif, terutama jika inovasi tersebut mendapat perhatian luas.

Mengunjungi pameran industri manufaktur, mencari informasi teknologi terbaru lewat internet dan menghubungi supplier menjadi salah satu cara terbaik untuk tetap update teknologi terbaru di dunia manufaktur. PT Indotech Timitra Abadi selaku salah satu distributor resmi Cutting Tools, Machine Equipment dan Accecories Mesin menyediakan kebutuhan Industri terutama industri manufaktur dengan kualitas terbaik dengan teknologi terbaru. Anda bisa menghubungi kami melalui email atau telepon untuk mendapatkan informasi atau update terbaru mengenai peralatan dan penunjang untuk kebutuhan usaha/workshop anda.

5. Bereaksi Terhadap Kompetitor dan Situasi.

Menyadari pesaing utama anda adalah cara yang baik dalam banyak situasi, terutama pada saat terjadi gejolak dan penurunan ekonomi. Misalnya, saat pandemi dapat menyebabkan perlambatan industri manufaktur, sementara produksi barang-barang medis seperti Wastafel cuci tangan portable melonjak drastis. Dalam hal ini, pesaing dari satu sisi dapat membawa standar operasi dan segmen  mereka ke sisi lain, memaksa perusahaan untuk mempercepat produksi atau menurunkan harga untuk mempertahankan pangsa pasar.

Sekarang adalah waktunya bagi anda sebagai pelaku usaha industri untuk melakukan semua yang mereka bisa untuk mengelola dan memaksimalkan pertumbuhan bisnis anda. Kabar baiknya adalah sekecil apa pun bisnis industri Anda, bermitra dengan Distributor industri yang terpercaya dapat membantu Anda berkembang dengan solusi pemasaran khusus yang sesuai dengan cara anda serta metode dalam melakukan bisnis. Hubungi kami sekarang juga.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp