Mesin CNC. Prinsip Kerja, Pengoperasian, Jenis

CNC Machine, Definisi, Penjelasan, Pengoperasian,Jenis

Mesin CNC. Istilah CNC adalah singkatan dari “Computer Numerical Control” dalam Bahasa Indonesia komputer kontrol numerik, dan definisi CNC adalah bahwa Mesin CNC adalah mesin yang digunakan dalam proses manufaktur yang biasanya menggunakan kontrol terkomputerisasi dan peralatan mesin. Kelebihan yang paling dominan dari mesin CNC yaitu kecepatan dalam proses produksi sehingga cocok digunakan untuk produksi massal.

Mesin CNC pertama diciptakan pertama kali pada tahun 1940-an dan 1950-an, dengan memodifikasi mesin perkakas biasa. Pada awalnya mesin ini diperuntukkan untuk membuat benda kerja yang rumit namun karena biaya pembuatan dan volume unit pengendali yang besar hanya sedikit perusahaan yang mau berinvestasi dalam pengembangan teknologi ini. Tahun 1975 adalah tahun dimana mesin CNC mulai berkembang pesat karena sudah adanya mikroprosessor sehingga volume unit pengendali dapat diperkecil dan disederhanakan. Saat ini mesin CNC sudah banyak dipergunakan di segala bidang, seperti di bidang pendidikan dan riset, serta tentunya industri-industri berskala nasional/internasional.

6 Bagian Utama Mesin CNC

  1. Program
  2. Unit kendali atau processor
  3. Alat cekam benda kerja
  4. Motor listrik servo untuk menggerakan kontrol tools
  5. Motor listrik untuk menggerakan/memutar pahat (spindle)
  6. Cutting Tools (Pahat)
  7. Dudukan dan pemegang tools (Holder)

Prinsip Kerja CNC

Pertama, membuat program CNC sesuai produk yang akan dibuat dengan cara pengetikan langsung pada mesin CNC maupun dibuat pada komputer dengan perangkat lunak pemrograman CNC.

Program CNC tersebut, lebih dikenal sebagai G-Code, seterusnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC menghasilkan pengaturan motor servo pada mesin untuk menggerakan perkakas yang bergerak melakukan proses permesinan hingga menghasilkan produk sesuai program.

Alur Proses Pemesinan CNC

Berkembang dari proses pemesinan kontrol numerik (NC) yang menggunakan kartu pita berlubang, pemesinan CNC merupakan proses manufaktur yang menggunakan kontrol terkomputerisasi untuk mengoperasikan dan memanipulasi mesin dan alat pemotong untuk membentuk benda kerja misalnya, logam, plastik, kayu, busa, dll. Meskipun ada begitu banyak jenis dan proses dalam pemesinan CNC, prinsip-prinsip dasar dari proses tersebut sebagian besar tetap sama. Proses pemesinan CNC dasar mencakup tahapan berikut:

  1. Mendesain model CAD
  2. Mengkonversi file CAD ke program CNC
  3. Mempersiapkan mesin
  4. Menjalankan operasi pemesinan di mesin

Cara Pengoperasian

Cara mengoperasikan Mesin CNC
Pengoperasian Mesin CNC

Umumnya cara mengoperasikan mesin cnc yaitu dengan memasukkan perintah numeric melalui tombol-tombol yang ada pada panel instrument di tiap-tiap mesin. Ada 2 sistem koordinat pada proses pembuatan program di mesin cnc yaitu sistem koordinat absolute dan sistem koordinat incremental.

Jenis-Jenis Mesin CNC

Pada dasarnya mesin produksi yang telah menggunakan kontrol CNC sudah banyak dipergunakan dalam industri manufaktur, namun kita akan membahas secara garis besar mengenai proses pemrograman mesin CNC bubut dan mesin CNC milling atau frais.

Mesin Bubut CNC

Sistem Koordinat x,y,z Mesin Bubut CNC
Sistem Koordinat x,y,z pada mesin Bubut CNC

Bubut CNC ( Lathe CNC) yaitu suatu proses bubut dengan menggunakan mesin bubut CNC dilakukan dengan menggunakan kode-kode standar. Kode yang digunakan untuk mengoperasikan mesin bubt CNC yaitu kode G dan kode M. Mesin bubut CNC memiliki sumbu yang sama dengan mesin bubut konvensional yaitu sumbu X dan sumbu Z. Beberapa kelebihan dari penggunaan mesin bubut CNC adalah sebagai berikut:

  • Hasil produksi akan seragam baik dalam bentuk dan ukuran.
  • Toleransi dapat disesuaikan dengan harapan operator.
  • Proses kerja yang cepat sehingga dapat menghemat waktu kerja.
  • Biaya proses dakan semakin murah.
  • Pahat bubut CNC menggunakan Insert, jauh lebih hemat daripada pahat bubut konvensional.

Mesin Milling/Frais CNC

Sumbu x,y,z pada Mesin Milling CNC
Sumbu x,y,z pada Mesin Milling CNC

Sama seperti proses bubut kode-kode yang digunakan untuk mengoperasikan mesin milling/frais CNC ini yaitu kode G dan kode M. Pada mesin milling ada 3 buah sumbu yang dapat bergerak secara bersamaan yaituu sumbu X, Y dan Z. Pergerakan mesin ini dirancang terkoordinasi untuk mendapatkan lintasan tertentu, sehingga dapat dinamakan sumbu yang berkesinambungan atau sumbu kontur (contouring axis).Sumbu Z orientasinya bersamaaan dengan gerak putar spindle, sumbu X dengan arah gerak horizontal dan sumbu Y yang mengikuti kaidah tangan kanan sehingga membentuk sistem sumbu XYZ untuk menyatakan gerakan translasi pahat.

Kelebihan yang ditawarkan oleh mesin CNC yaitu:

  • Ketelitian yang tinggi
  • Ketepatan yang tinggi
  • Produktifitas yang tinggi
  • Dapat mengerjakan bentuk yang kompleks
Distributor mesin cnc twinhorn
Distributor mesin cnc twinhorn

PT Indotech Trimitra Abadi sebagai perusahan yang bergerak di bidang perdagangan barang-barang kebutuhan industri manufaktur merupakan salah satu pemegang lisensi distributor resmi Twinhorn di Indonesia. Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi dan support produk Mesin CNC Twinhorn sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp