TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negri) Mesin Coffee Roaster Pratter

Sertifikat TKDN Pratter Coffee Roaster

Bapak Mentri Perindustrian bersama Ibu Dijen Industri Kecil Menengah dan Aneka berfoto bersama dengan Mesin Pratter Coffee Roaster di acara Kampanye dan Sosialisasi Tingkat Komponen Dalam Negri (TKDN) di Solo Jawa Tengah.

Capaian TKDN Pratter Coffee Roaster lebih dari 40%

Pratter merupakan mesin roasting kopi yang merupakan salah satu produk unggulan yang di desain, dibuat dan dipasarkan oleh Indotech Group. Saat ini Pratter sudah mendapatkan Sertifikat TKDN dengan nilai capaian lebih dari 40%. Itu berarti sebagian besar part, komponen mesin, riset dan fabrikasi benar-benar buatan Indonesia. Pencapaian ini merupakan kolaborasi antara Indotech Group dan Kementrian Perindustrian serta Surveyor Indonesia untuk bias mengangkat produk local untuk bias bersaing di pasar nasional maupun pasar global.

Sertifikat TKDN Pratter Coffee Roaster.

TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negri) merupakan persentase komponen produksi yang dibuat di Indonesia pada suatu produk barang dan jasa atau gabungan antara barang dan jasa.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka saat ini Pratter Coffee Roaster menjadi salah satu Mesin Roasting Kopi Lokal buatan indonesia yang sudah di uji dan di verivikasi sehingga layak dan wajib digunakan terutama bagi BUMN/BUMD maupun swasta.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pelaku Industri Kecil Menengah di Indonesia sebagai tolok ukur tingkat sumber daya dan produksi lokal. Karena dengan begitu, produk dari Industri Kecil Menengah dapat dipasarkan dan digunakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Dinas dan Pemerintahan, maupun masyarakat luas.

Manfaat Penerapan TKDN

Sertifikat TKDN Pratter 1.5 dan Pratter 5.0 dengan capaian atas 40%
Sertifikat TKDN Pratter 1.5 dan Pratter 5.0 dengan capaian atas 40%

Ada sejumlah keuntungan bila pemerintah menerapkan kebijakan TKDN. Keuntungan tersebut tak hanya pelaku industri, melainkan juga kepada pemerintah Indonesia sendiri.

  1. Terciptanya lapangan tenaga kerja baru. Industri dalam negeri akan terus memproduksi barang atau komponen tersebut, bila industri terus beroperasi maka akan ada penyerapan tenaga kerja. Di sektor supporting perusahaan atau industri dalam negeri ada UKM yang menjual makanan, minuman dan snack kepada karyawannya sehingga ekonomi disekeliling industri dalam negeri akan terus bergerak.
  2. Penambahan pemasukan pajak penghasilan (PPh) terhadap produk-produk yang dibuat di Indonesia. Sebab, selama ini produk-produk yang diimpor masih ada yang bersifat free on board (FOB) luar negeri. Pemerintah sebagai lembaga penarik pajak, tentu diuntungkan bila ada pemasukan dari sektor pajak karena industri beroperasi.
  3. Terciptanya supply-chain dengan ekosistem yang baik, di mana para vendor komponen terdorong membuka pabriknya di Indonesia untuk menyuplai ke pabrikan perakitan yang banyak itu.
  4. Potensi Indonesia sebagai basis produksi dan negara ekspor untuk pasar Asia Tenggara dan Asia Afrika. Hal tersebut akan tercapai, bila ekosistem komponen dan perakitan sudah berjalan dengan baik.
  5. Terciptanya kesetaraan antara pemain merek lokal dan merek luar dalam hal produksi dan kewajiban transaksi dalam rupiah serta kewajiban PPh.

Industri Kecil Menengah Perlu Bantuan Untuk Memasarkan Produknya

Pratter Coffee Roaster
Pratter Coffee Roaster merupakan mesin Roasting Kopi Premium buatan Indonesia

Setelah capaian TKDN terpenuhi, yang penjadi pertanyaan adalah bagaimana cara memasarkan produk yang sudah bersertifikat tersebut?

Industri Kecil Menengah tentu lebih percaya diri dalam memasarkan produknya. Tetapi  tetap membutuhkan bantuan dan support pemerintah untuk memasarkan produk dari IKM tersebut misalnya:

  1. Terus mengkampanyekan penggunaan dan cinta produk – produk Indonesia kepada masyarakat.
  2. Pemberian bantuan modal bagi pelaku Usaha Kecil Menengah agar dapat terus melakukan perbaikan, riset dan pembaharuan agar produk yang dihasilkan berkualitas.
  3. Memberikan kemudahan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah untuk kelanjutan sertifikasi produk agar dapat bersaing di pasar nasional maupun global (SNI, CE, ROHS)
  4. Memberikan tempat dan kesempatan bagi UKM untuk memamerkan produknya di beberapa market lokal maupun global. Dapat dilakukan dengan cara membuat event pameran secara langsung maupun virtual agar produk dari UKM dapat lebih dikenal.

Kunjungi Website Pratter Coffee Roaster untuk Informasi dan Spesifikasi.

www.pratter.co.id

Facebook
Twitter
WhatsApp

Popular Post

Popular Product

twinhorn cnc 2

Check Our
E-Catalog Product