Vernier Micrometer. Fungsi, Bagian, Jenis dan Cara Membacanya

Vernier Micrometer. Fungsi, Bagian, Jenis, Cara Pembacaan

Mikrometer / Micrometer. Bagi orang teknik alat ini sudah tidak asing lagi. Micrometer Vernier atau di Indonesia sering disebut Mikrometer / Mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tebal, lebar, kedalaman, panjang, diameter benda benda dengan tingkat ketelitian sampai dengan skala mikron / 0,01 mm.

Dalam bidang teknik, terutama Industri Manufaktur, alat ini digunakan untuk mengukur produk atau benda-benda produksi lainnya yang membutuhkan toleransi tinggi. misal Js-6, H-7 dan lain-lain. Dalam mengukur benda kerja dengan mikrometer, harus juga memperhatikan permukaan benda yang diukur.

Berbeda dengan kaliper atau height gauge, micrometer menggunakan batang silinder yang memiliki screw. Bagi rekan-rekan awam, pembacaan micrometer vernier akan sedikit membingungkan karena dalam pembacaannya berbeda dengan pembacaan penggaris, vernier caliper. Meskipun saat ini ada jenis micrometer digital yang langsung menujukan angka pengukuran secara digital.

Bagian-bagian Micrometer Vernier

bagian bagian micrometer
bagian bagian micrometer vernier

Berikut bagian-bagian alat ukur Mikrometer Vernier.

  1. Anvil
  2. Spindle
  3. Measuring Face
  4. Graduation (Skala Utama)
  5. Lock
  6. Frame
  7. Thimble (Skala Nonius)
  8. Racthet Stop

Jenis Micrometer

digital micrometer
digital micrometer

Berdasarkan pembacaanya alat ukur Mikrometer ada dua yaitu:

  • Vernier Mikrometer
  • Digital Mikrometer

Berdasarkan fungsinya (bidang yang diukur):

  • Outside Micrometer
  • Inside Micrometer
  • Depth Micrometer

Lihat Katalog Produk Measuring Tools (Alat Ukur): Product Category, Measuring Tools

Cara Penggunaan

Cara Mengukur dengan micrometer Gambar: metalcutting.com

Cara Penggunaan

  1. Letakkan objek yang akan diukur diantara anvil dan spindle
  2. Putar thimble hingga measuring face mendekati permukaan benda.
  3. Putar ratchet hingga objek terjepit oleh anvil dan spindle
  4. Putar pengunci pada lock nut agar pemutar tidak bergerak lagi
  5. Baca hasil pengukuran pada skala utama dan skala nonius

Cara Pembacaan

Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, setiap skala mempunyai nilai garis yang berbeda. Untuk memudahkan pembacaannya, untuk mempermudah bagi anda-anda yang agak merasa kesulitan dalam pembacaan alat tersebut.

Micrometer Sekrup

1. Skala Atas (Skala Utama)

Skala atas adalah garis atas yang berada pada outer sleeve. Nilai satu garis / satu strip yaitu 1 mm (milimeter). Garis awal pada skala atas outer sleeve berbeda-beda, tidak harus dimulai dari angka nol tergantung dari ukuran micrometer. Nilai garis awal tergantung dari jenis pengukuran mikrometer yang digunakan.

  • 0 – 25 mm ( garis awal 0 )
  • 25 – 50 mm ( garis awal 25 )
  • 50 – 75 mm ( garis awal 50 )
  • 75 – 100 mm ( garis awal 75 )
  • dst

2. Skala Bawah (Skala Utama)

Skala bawah yaitu garis bawah yang terdapat pada skala outer sleeve. Nilai satu garis / satu strip yaitu 0,50 mm (setengah). Garis ini terletak ditengah-tengah diantara dua skala atas. Pada pembacaan nantinya, nilai skala bawah hanya ada dua kemungkinan, yaitu 0,00 mm dan 0,50 mm.

2. Skala Thimble (Nonius)

Skala thimble yaitu garis yang terdapat pada skala thimble. Dapat diputar dengan langsung memutar Thimble, atau untuk pengaturan halus menggunakan Screw / Ratchet Stop sampai dengan skala timble tidak berputar lagi. Jumlah garis keseluruhan yang ada pada skala thimble sebanyak 50 garis. Nilai 1 garis / 1 strip yaitu 0,01 mm.

Hal -hal yang perlu diperhatikan pada skala thimble yaitu :

  • 1 Kali Putaran Thimble
    Jika pada awal mula angka 0 thimble satu garis lurus dengan angka 0 “nol” outer sleeve, maka setelah diputar 1 kali putaran penuh, angka 0 skala thimble harus satu garis lurus dengan 0.5 pada skala bawah milik angka 0.
  • 2 Kali Putaran Thimble
    Jika pada awal mula angka 0 thimble satu garis lurus dengan angka 0 “nol” outer sleeve, maka setelah diputar 2 kali putaran penuh, angka 0 skala thimble harus satu garis lurus dengan 1 mm pada skala atas outer sleeve

Contoh Pembacaan

Setelah mengetahui nilai-nilai pada setiap skala, saatnya kita belajar bagaimana cara membaca mikrometer vernier  dengan baik dan benar. Berikut ini contoh-contoh pembacaannya,

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, bahwa hasil pengukurannya adalah 7,65 mm. Ini didapat dari penjumlahan dari ketiga komponen yang saya jelaskan diatas.

Nilai Skala atas : 7,00 mm
Nilai Skala Bawah : 0,50 mm —————-> karena 0,5 milik 7 sudah kelihatan
Nilai Skala Thimble : 0,15 mm + 7,65 mm

untuk memperjelas hasil pembacaan diatas, berikut gambar lebih rincinya

Sumber Contoh dan Gambar:
www.lksotomotif.com/2017/08/cara-mudah-pembacaan-hasil-pengukuran.html

PT Indotech Trimitra Abadi sebagai perusahan yang bergerak di bidang perdagangan barang-barang kebutuhan industri manufaktur merupakan salah satu distributor resmi Alat Ukur Indonesia. Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi dan support produk sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Popular Post

Popular Product

Mesin CNC 3 Axis twinhorn VF 500

Check Our
E-Catalog Product

Check Our Product

Z-Zero Setter Mesin Milling – Vertex

Z-Zero Setter Mesin Milling Berfungsi sebagai Presetter. Membantu dan mempercepat setting tool pada mesin dengan penggunaan yang mudah. Spesifikasi: Merk: Vertex Height: 50mm Tipe: HP-50A HP 50A HP 50B

Request Quote

WSX445 Face Mill – Mitsubishi Diaedge

Mitsubishi Diaedge WSX445 Face Mill Indexable Spesifikasi: Brand: Mitsubishi (Diaedge) Tipe: Indexable Insert Feature: General Purpose Face Mill Double Sided Low Cutting Resistance Through Coolant Holes Unique Geometry Double Z Index Insert

Request Quote

Workbench Vise / Ragum Meja – Vertex

Workbench Vise / Ragum Meja - Vertek Ragum untuk kerja bangku, deburing, Finishing. dengan profesional Clamp, Lock dan meja putar. Manfaat: Kualitas profesional Terbuat dari baja Rahang ragum yang dapat dipertukarkan dengan slot kisi Panduan yang dapat disesuaikan memungkinkan clamping paralel Dasar putar 360° dengan lock

Request Quote

Wastafel PHW

Mesin CNC Milling 3 axis VF 500 Twinhorn. Disributor dan Supplier Mesin CNC Milling 3 Axis VF 700 Merk Twinhorn - Taiwan di Indonesia. Mesin Milling CNC VF 700 merupakan mesin Milling merk Twinhorn dengan sistem kontrol otomatis (Numerical Control).

Request Quote

Vertical / Horizontal Rotary Table – Vertex

Rotary Table Vertical/Horizontal Vertex untuk Mesin Milling. Vertex Rotary Table Aksesoris Untuk Mesin Milling CNC dan Manual. Aksesoris Mesin Milling digunakan untuk Clamp/mencekam Benda Kerja. Sebagai Jig untuk mempercepat pekerjaan dengan metode yang telah ditentukan. Spesifikasi: Merk: Vertex Tipe: Vertical/Horizontal Tilting Multiple Tilting Universal Tilting Heavy Duty

Request Quote

Vernier Calipers 150mm 0.05 – Holex

Vernier Caliper digunakan untuk mengukur ketebalan atau diameter luar dan dalam. Alat ukur standar industri dengan akurasi/resolusi tinggi dan kemudahan penggunaan. Vernier Caliper tersedia Merk: Holex Type: Vernier Size: 150mm Version: Satin chromium plated anti-glare reading parts. Locking screw at the top..

Request Quote

Vernier Calipers 150mm 0.02 – Garant

Vernier Caliper digunakan untuk mengukur ketebalan atau diameter luar dan dalam. Alat ukur standar industri dengan akurasi/resolusi tinggi dan kemudahan penggunaan. Vernier Caliper tersedia Merk: Garant Type: Vernier Version: Satin chromium plated anti-glare scales. Fine, high-contrast scale. Locking screw at the top. Ergonomically optimised caliper. Better reading due to a colour-contrast scale. Precision lapped measuring faces.

Request Quote

V Block With Clamp – Vertex

V Block With Clamp Aksesoris Mesin Milling digunakan untuk Clamp/mencekam Benda Kerja. Spesifikasi: Merk: Vertex Tipe: MC Power Vise MC Power Vise Hydraulic Type

Request Quote